Kunci Sukses Promosi Melalui Email

Panduan untuk Sukses dalam Email Marketing

Dengan kemajuan perangkat komunikasi saat ini, orang dengan mudahnya mengakses sesuatu termasuk email melalui perangkatnya tersebut. Setiap hari orang membuka email untuk sekedar melihat pesan atau mengecek email yang masuk. Ekspresi pertama pada saat orang anda mendapatkan email.. "Wow...., ada email masuk nih".., "Wow..., saya dapat email nih.." dan lain-lain. Secara umum ekspetasi pada saat mendapat email adalah kegembiraan..., dan moment ini merupakan awal yang baik dimana suasana hati sedang gembira.
Itulah mengapa pada saat ini pemasaran melalui email merupakan hal yang penting saat ini, dan sukses dari suatu bisnis dapat dibangun melalui pemasaran via email marketing.  Ada tiga bagian penting yang sangat menentukan dalam membangun email marketing, yang pertama adalah database email pelanggan kita, kedua adalah konten yang akan disampaikan kepada pelanggan kita, dan yang ketiga adalah broadcast atau pengiriman email kepada palanggan.

Database Email

Database email memegang peranan penting dalam hal ini. Alamat email merupakan salah satu kunci yang sangat penting untuk dikoleksi. Tanpa alamat email, sangat tidak mungkin kita bisa menyampaikan informasi ke pelanggan kita. Database email dapat dibangun dengan cara mendokumentasikan email pelanggan kita. Cara lainnya adalah dengan membuat email responder pada sistem situs kita dan yang terakhir mengkoleksi email dari berbagai sumber dengan cara menscrapt.

--> Lihat juga Software Scrapt Data Email.
--> Scraper id

 

Konten Email

Setelah bagian pertama dapat teratasi. Konten dari pesan email yang akan kita share ke pelanggan juga sangat penting. Konten dari email tersebut pada dasarnya adalah suatu ajakan kepada pelanggan kita untuk mengikuti instruksi dari ajakan kita. Konten ini harus singkat, padat dan jelas, dan jika perlu ditambahkan gambar-gambar yang menarik. Nah permasalahannya, kalau kita menulis konten tersebut menggunakan email yang biasa kita pakai, kita akan kesulitan untuk membuat suatu presentasi email atau ajakan melalui email yang menarik dan memancing audien/pelanggan kita untuk mengikuti ajakan kita. Salah satu alat yang dapat digunakan untuk membuat hal tersebut adalah menggunakan email sender.

--> Lihat juga Cara membuat konten email menarik 

 

Email Broadcast

Setelah kita punya database email dan konten email yang akan disampaikan ke pelanggan, maka dipelukan pengiriman email konten tersebut ke pelanggan kita. Pengiriman email ini juga mernyimpan permasalahan tersendiri. Pada saat pelanggan kita atau database email kita masih memiliki umlah yang sedikit (mungkin orde puluhan) maka pengiriman email satu-persatu tidak masalah. Akan tetapi pada saat jumlah alamat email yang akan kita kirim berjumlah sangat banyak (orde ratusan, ribuan, bahkan ratusan ribu), cara konvensional akan sangat menyulitkan. Untuk mengatasi hal tersebut diperlukan suatu tools yang dapat mengirim database konten ke database email secara massal. Alat ini biasanya disebut dengan email blaster.

--> Lihat Juga Tools Email Blaster 

 

Tidak ada komentar

Popular Posts

Contact Us

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.