Bagaimana Cara Mendapatkan Uang dari Internet (Sumber Pasif Income) ??


Internet merupakan tempat dimana kita bisa mendapatkan informasi tentang segala hal, mulai dari hal yang baik maupun yang jelek. Informasi ini bisa berdampak positif jika bisa dimanfaatkan dengan baik. Salah satu hal yang positif dari internet adalah merupakan salah satu cara mendapatkan uang. Untuk mendapatkan uang di Internet, dapat kira lakukan dengan melalui trading ataupun berkaitan dengan jasa penjualan barang secara online. Trading ini meliputi forex dan binary trading. Sedangkan jasa penjualan barang untuk selanjutnya dikenal dengan istilah internet marketing.  Jika kita tahu map dari Internet Marketing, maka akan dapat digunakan sebagai salah satu cara mendapatkan uang dari internet dan mendapatkan passive income yang dapat diandalkan.
Ada beberapa cara  mendapatkan uang dari internet atau pasif income dari internet diantaranya adalah dikenal sebagai Pay Per Sale (PPS), Pay Per Click (PPC), Pay Per Lead (PPL), Menjual Produk Sendiri dan Pelelangan (Online Auction).
  • Pay Per Sale (PPS)  merupakan cara mendapatkan uang dari internet dimana kita akan memperoleh keuntungan atau prosentase keuntungan jika berhasil menjualkan barang merchant dimana kita menjadi anggota afilifasinya. Yang termasuk katagori ini adalah Amazon, Click Bank, dan lain-lain.
  • Pay Per Click (PPC) merupakan cara mendapatkan uang dari internet dimana kita akan mendapatkan keuntungan jika pengunjung yang datang ke website kita melakukan click terhadap iklan yang kita pasang di website kita. Yang termasuk dalam katagori mendapatkan uang dari internet dengan cara ini adalah adsense, chitika, bidvertiser, adbrite dan lain-lain.
  • Pay Per Lead (PPL) merupakan salah satu cara mendapatkan uang dari internet lainnya, dan yang termasuk dalam katagori ini adalah Max Bounty, Copeac dan lain-lain.
  • Menjual Produk Sendiri, merupakan salah satu cara mendapatkan uang dari internet jika kita mempunyai produk yang bisa kita jual sendiri.
  • Pelelangan (Online Auction). Yang termasuk cara mendapatkan uang dari internet dengan katagori ini adalah eBay, Flippa dan lain-lain. 

Bagaimana Cara mendatangkan traffic ke Website untuk Mendapatkan Uang dari Internet??


Untuk mendapatkan uang dari internet, tentunya tidaklah lepas dari polularitas website yang kita miliki. Semakin poluler website kita, maka akan semakin mudah mendatangkan pengunjung dan akan semakin tinggi peluang untuk mendapatkan uang dari internet dari website kita melalui penjualan yang terjadi di website kita. 
  • Pay Per Click Ads (PPC Ads) : merupakan salah satu cara untuk menggiring pengunjung tertarget untuk mengunjungi situs kita, dengan cara memasang iklan di search engine dengan tujuan membuat situs yang mereka cari adalah situs kita.
  • Search Engine Optimization (SEO) : adalah pengoptimalan situs atau website kita agar situs kita memiliki rangking yang tinggi di mata Search Engine untuk suatu kata kunci tertentu yang kita bidik. Disini ada teknik on-page SEO dan off-page SEO.
  •  Email Marketing : adalah teknik membangun komunitas melalui komunikasi via email. email digunakan untuk berbagi dan berinteraksi dengan pelanggan yang pada akhirnya disebut pula dengan istilah Email Marketing.
  •  Mobile Advertising : adalah salah satu teknik untuk menggiring pengunjung ke situs kita menggunakan perangkat mobile baik dengan teknik sms atau melalui aplikasi-aplikasi konten di perangkat mobile kita.
  •  Social Media Marketing. Social media juga bisa digunakan untuk menggiring pengunjung untuk mengunjungi situs atau website kita. Teknik ini merupakan salah satu cara yang sangat efektif mengingat social media saat ini merupakan salah satu trend dan menjadi gaya hidup di era modern saat ini. Beberapa social media yang bisa digunakan yaitu Youtube, Facebook, Pinterest, Google+, Twitter,  instagram dan juga blogger.

Kelengkapan dan Tools Apa Saja Untuk Mendapatkan Uang dari Internet?

Karena berbasis internet, untuk mendapatkan uang dari internet, tentunya dibutuhkan segala sesuatu yang bisa digunakan untuk mengakses resource yang ada di dunia maya meliputi hardware (komputer), koneksi internet, rekening dan media untuk berpromosi.
  • Hardware/Komputer. Tidak ada spek khusus yang direkomendasikan. Komputer yang dibutuhkan mempunyai range atau spek dari rendah sampai tinggi tergantung kebutuhan. Kalau untuk akses internet dan web biasa spek intel atom, dual core sudah cukup memadai, lebih tinggi lebih baik. Akan tetapi jika anda bermain di grafis, youtube tentunya dibutuhkan spek yang lebih tinggi paling tidak core 2 duo, core i3 atau yang lebih tinggi agar bisa maksimal.
  • Koneksi Internet. Koneksi internet bisa dilakukan via WIFI ataupun modem. Tidak ada spek khusus yang penting bisa koneksi internet.
  • Rekening. Rekening sangat dibutuhkan dalam bertransaksi di internet baik untuk keperluan belanja ataupun menampung hasil usaha yang dilakukan di internet. Untuk bertransaksi dalam negeri, rekening bank lokal seperti rekening Bank BNI, BCA, Mandiri, BRI dan bank-bank lainnya sudah cukup memadai, akan tetapi sebaiknya dilengkapi dengan fasilitas mobile banking dan atau internet banking untuk fleksibililitas dalam transaksi. Jika anda bermain dengan amazon, clickbank, adsense dan merchant-merchant lain yang berpusat di luar negeri, maka anda perlu melengkapi dengan alat-alat pembayaran yang bisa digunakan untuk bertransaksi dengan luar negeri yaitu kartu kredit (Visa atau Master Card), Paypal, Payoneer dan rekening lain yang bisa digunakan untuk mendapatkan uang dari internet khususnya merchant luar negeri.
  • Media Untuk Berpromosi. Setelah tiga bagian di atas kita miliki, untuk mendapatkan uang dari internet tentunya tidaklah lepas dari media tempat dimana kita bisa berpromosi. Media tersebut tentunya konten di internet yang kita buat sendiri ataupun yang dibuat oleh orang lain. Media tersebut bisa berupa website, baik website berbayar ataupun website gratisan. Media lainnya yang bisa digunakan adalah social media (Youtube, Facebook, Pinterest, Google+, Twitter, instagram dan aktivitas blogging).
Apa yang harus dilakukan untuk mendapatkan uang dari Internet?

Informasi yang tersedia di internet sangatlah luar biasa mulai dari A-Z, dan jika kita tidak bijak dalam menyaring informasi, tidak punya tujuan yang jelas, tidak punya blue print yang akan dikerjakan, maka kita akan dengan mudah tersesat dan akan jauh dari tujuan semula untuk mendapatkan uang dari internet. Untuk memulainya ada baiknya mulai dari berkaca akan kondisi diri dan pertanyaan sederhana yang perlu dijawab adalah: Apakah anda punya produk sendiri?, tentunya jawabnya iya atau tidak.
  • Jika anda punya produk sendiri dan mungkin punya etalase fisik tentunya internet adalah peluang yang menguntungkan untuk memperluas pasar. Peluang 1: Jika tidak berkenan membuat etalase online berupa website toko online, anda bisa mempromosikannya lewat iklan-iklan online gratis atau berbayar. Beberapa toko online yang bisa diakses diantaranya adalah olx, tokopedia, bukalapak dan lain-lain. Langkah lain adalah lewat social media seperti facebook, pinterest, twitter, instagram dan Google+. Kelebihan dengan memakai toko online yang sudah ada dan social media tersebut anda tidak perlu repot-repot harus membuat website toko online dan tidak perlu repot-repot ngurusin promosinya karena sudah dilakukan oleh pihak developer. Kekurangannya: kendali tidak ada pada anda, kurang bonafit karena anda tidak punya website sendiri dan harus rajin-rajin mengupdate dagangan anda, jika tidak dagangan anda akan tenggelam oleh dagangan-dagangan orang lain yang jumlahnya ribuan dan bahkan jutaan. Peluang 2: Membuat website toko online baik dibuat sendiri atau diorderkan ke orang lain. Untuk saat ini membuat toko online sangat mudah karena sudah banyak template-template jadi baik yang gratis atau yang berbayar. Kelebihan: Lebih bonafit, meyakinkan, dan produk anda tidak akan tenggelam oleh produk orang lain, karena yang dijual adalah produk sendiri. Kekurangan: anda harus memikirkan SEO (on-page dan off-page), harus berpromosi sendiri dan bahkan perlu memikirkan back link untuk mendatangkan traffik pengunjung ke toko online kita untuk mendapatkan uang dari internet.
  • Jika tidak punya produk sendiri bukan berarti kiamat atau tidak bisa mendapatkan uang dari internet. Kita masih bisa mendapatkan keuntungan atau uang dari internet dengan cara menjualkan produk orang lain (Amazon, ClickBank, dll), mengarahkan orang ke website orang lain (PPC), atau mekanisme lain seperti PPL, Lelang dan lain-lain. Bagaimana caranya mendapatkan uang dari internet dengan cara ini??. Langkah yang perlu dilakukan adalah dengan cara riset pasar, kemudian menentukan produk yang akan anda jual, membuat website dan membuat konten artikel website. Cara lain yang bisa dilakukan jika tidak punya produk sendiri adalah bertindak sebagai dropshipper. Dropship ini adalah menjual kembali produk orang melalui promosi kita yang tentunya setelah harganya dinaikkan. Misalnya kita menjual barang yang ada di tokopedia di Bukalapak atau sebaliknya, atau menjual barang yang ada di tokopedia di shopee atau menjual barang yang ada di tokopedia atau bukalapak atau sophee atau lazada di toko online kita sendiri.
Jadi banyak cara khan untuk melakukan bisnis dan mendapatkan uang dari internet, tergantung dari kita sendiri..., mau berangkat dari mana.., mau memilih sistem yang mana..., kembali lagi pada kondisi kita sendiri...

Tidak ada komentar

Popular Posts

Contact Us

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.